Sunday, April 15, 2018

RESEP MASAKAN SEDERHANA


Resep ini saya dapatkan dari seorang teman. Bagi yang menginginkan e-booknya bisa menuliskan alamat emailnya di kolom komentar atau menghubungi saya via SMS (0857-2821-9300)
Semoga bermanfaat :)

Resep Masakan Sederhana
Ny.Mariyani Oskar 
Collected by : OSI (@omahpromosi) 
Shared by : Risa Umami Nk
  1. SAYUR LODEH Bahan : Terong, rebung, Lombok hijau, kacang panjang, tempe, pete boleh juga kangkung dan sayursayuran lainnya. Bumbu-bumbu : Lombok merah, garam, bawang putih dan bawang merah, kemiri, lengkuas, terasi, santan dan diberi daun salam. Cara Memasak : Bumbu-bumbu diuleg sampai halus lalu ditumis dengan minyak sedikit. Sayur-sayur (bahannya) direbus, masukkan sayur dan santannya sekali sampai masak (kalau suka boleh ditambah gula).
  2. SAYUR ASAM Bahan : (boleh pilih) Terong, labu, kacang panjang, krai boleh juga pakai kangkung. Bumbu-bumbu : Bawang merah, bawang putih, lengkuas, Lombok, kemiri, garam, asam, terasi, seledri. Cara Memasak : Kecuali seledri dan lengkuas, semua bumbu dibikin halus, dimasak dengan air sampai mendidih. Kemudian sayur-sayurnya bersama lengkuas dan seledri dimasak sampai masak (ada yang dicampur dengan balungan supaya sedap). 
  3. SAYUR MENIR Bahan : Jagung muda (kemerut), daun melinjo, terong, labu, krai. Bumbu-bumbu : Bawang merah, kunci, beras, terasi, gula, garam. Cara Memasak : bumbu-bumbu direbus (setelah diuleg sampai halus) kemudian dimasukkan sayursayurannya.
  4. SAYUR BOBOR Bahan : Bayam, so (daun melinjo), manisan, santan cair. Bumbu-bumbu : Kemiri, bawang putih, bawang merah, salam, lengkuas, ketumbar, jinten, kencur, terasi, garam, gula (bumbu diuleg). Cara Memasak : Air santan direbus, bumbu dan sayur-sayurnya sampai masak

Sunday, February 25, 2018

Jadwal Prameks Terbaru 2018

Jadwal Prameks update..
Gambar jadwal Prameks yang terpampang di loket Lempuyangan sampe tahun 2018 ini

Foto ini saya dapatkan di Stasiun Lempuyangan, dan sampai hari ini masih terpasang..
Harga :
Rp 8.000 untuk Solo Jogja (PP)
Rp 15.000 untuk Solo Kutoarjo (PP)

Tips menjadi Prameks-er 

  • Selalu cek jadwal perjalanan terbaru kereta Prameks 
  • Usahakan pake baju yang nyaman dan menyerap keringat, kondisi perjalanan menuntut kita harus siap capek dan berkeringat. Ada salah satu kereta api Prameks yang non AC (biasanya warna kuning) 
  • Jika ingin mendapat tempat duduk, usahakan kamu memang gerak cepat di detik detik awal kereta datang
  • Waspadai waktu waktu rawan tiket habis, biasanya saat jam kerja, pulang kerja dan saat weekend.. Menanggulangi hal ini, kamu bisa memesan tiket jauh jauh hari, karena PT. KAI mempunyai layanan reservasi Prameks keberangkatan H-7. Oiya layanan ini hanya bisa dipesan di loket jam 09.00-16.00 di hari Senin sampai Jum'at.. 

Info -  info lain : 

  • Jalur menuju Jogja di pagi hari dan menuju Solo di sore hari biasanya rame
  • Pembelian offline dibatasi karena sudah ada pembelian online H-7
  • Kasus khusus, di Solo Balapan, tiap Senin pagi, jika ingin mendapatkan tiket Prameks kita harus mengantri mulai jam 03.00 dini hari, tepat.. Tiket biasanya habis selama 20 menit.. 
  • Saya ada info calo sih kalo kebetulan kalian butuh, tapi ngga bisa saya share disini nomornya (menjaga privasi beliau)

Jadwal yang terpasang valid Insya Allah.. Semoga bermanfaat yaa :)



Friday, September 15, 2017

Simple Oreo Cheese Cake (no Oven, no Mixer)


Waktu pengerjaan : ± 15 menit

Bahan :
  • Susu kental manis 2 sachet
  • Dancow putih 1 sachet
  • Keju 100 gram (diparut)
  • Gula pasir 2 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Santan kara 1 sachet
  • Tepung maizena 2 sdm (dilarutkan dalam 50 mL air)
  • 300 mL air tambahan
  • Oreo secukupnya (dihancurkan untuk topping)
  • Keju parut (untuk topping)
Cara  :
  1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali larutan maizena
  2. Masak sampai keju meleleh dengan sempurna. Setelah semua bahan tercampur dengan rata dan sempurna, masukkan larutan maizena
  3. Masak sampai meletup - letup, lalu angkat dan biarkan sampai dingin
  4. Masukkan ke wadah, selingi bagian tengah dengan remukan oreo.
  5. Tambahkan keju parut di atas sebagai toping, lalu masukkan ke dalam kulkas. Taraaaaaaaaaaa, cheese cake siap disajikan. Enak dimakan saat dingin, rasanya ngejuuu banget.
Note :
Menurut saya, ini bukan cake. Tapi kaya bubur jagung kental yang lumer. Tapi rasanya udah lumayan enak kok buat camilan. Untuk kalkulasi biaya produksi adalah sebagai berikut :


SKM               : 2.500
Dancow putih    : 3.000
Keju 100 gram   : 10.000
Gula pasir & Garam : 500
Santan kara       : 2.500
Tepung maizena : 500

Toping
Oreo      : 3.000
Keju      : 3.000
Total Rp 25.000,-

Jadi, kapan mau nyoba di dapur sendiri Bunda? :)