Sunday, January 4, 2015

Kaukah Keluarga Kunang - Kunang Selanjutnya, Kawan? (Seleksi Forum Indonesia Muda)


*tulisan ini saya buat berbekal potongan ingatan dari lebih setahun yang lalu. maaf jika ada kesalahan penulisan, ya :)

Rasanya baru kemarin saya menapakkan kaki di Wisma Wiladatika sembari menggendong 2 buah tas besar, dengan perasaan tidak karuan karena selanjutnya hidup saya akan berbeda. Halah. Yap, 27 Oktober 2013 adalah hari bersejarah karena itulah hari pertama saya akan memasuki camp pelatihan Forum Indonesia Muda angkatan 15. Ternyata sudah bertahun-tahun yang lalu! Oh maaan, cepet banget! 

Perjalanan panjang tersebut dimulai dari sebuah titik balik. Alkisah pada akhir tahun 2011, di sebuah sudut di kampus, seorang kakak tingkat saya bernama “Retno Junita Dewi” yang ternyata angkatan FIM 7 bercerita dan berbagi pengalamannya mengikuti pelatihan ini. Saya pun ter’sihir’ dan bertekad untuk mengikuti seleksinya saat itu juga. Terhitung sudah, dari saat itu mungkin saya mendaftar FIM sampai ke-4 kalinya (karena mungkin di kesempatan - kesempatan sebelumnya saya kurang persiapan saat mengisi berkas pendaftaran) dan akhirnya Allah SWT menakdirkan saya bergabung di angkatan 15. Alhamdulillah.

Dan sekarang, saat - saat yang ditunggu telah tiba. Seleksi Forum Indonesia Muda angkatan 18 sudah dibuka, kawan. FIM mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk mengikuti pelatihan bergengsi ini tiap tahunnya. Yap, sudah enam belas angkatan yang sudah berkolaborasi membentuk suatu proyek sosial ataupun berkontribusi di regionalnya masing - masing, dan sebentar lagi angkatan selanjutnya akan datang. Apakah kamu salah satunya? Jika tertarik untuk mendaftar bisa langsung klik link ~>  forumindonesiamuda.org
 ya.. :)

Kok Kunang - Kunang sih?
Tiap tahun, ratusan pemuda terbaik dari seluruh penjuru negeri berkumpul, berdiskusi dan beraksi melalui pelatihan ini. FIM berharap, selepas dari pelatihan ini, kami para “kunang - kunang” (sebutan untuk peserta pelatihan) menjadi cahaya yang menerangi dirinya dan lingkungan sekitarnya di daerahnya masing – masing.

Salah satu sesi foto bersama pembicara, Pak Dahlan Iskan dengan materi Ketahanan Energi saat ini

Ada banyak teman yang bertanya bagaimana proses seleksi Forum Indonesia Muda ini. Daripada saya cerita satu persatu sampai berbusa, lebih baik saya tuliskan di sini jadi semoga bisa lebih bermanfaat. Dulu saya juga banyak terbantu dari para kandidat peserta Forum Indonesia Muda yang menuliskan pengalamannya mengikuti seleksi di blog mereka. Kalau perlu, datangilah para sahabat – sahabat di daerahmu yang sudah duluan menjadi keluarga kunang – kunang ini.


Bagaimana proses seleksi Forum Indonesia Muda? 
Perlu diingat bahwa proses seleksi setiap angkatan tidak selalu sama. Saya hanya menuliskan pengalaman seleksi saat angkatan saya dulu. Untuk sekarang, bisa saja lebih banyak prosesnya, atau justru lebih sedikit. Tapi paling tidak sudah ada gambaran dan persiapan ya :) 
Meski judulnya hanya seleksi administrasi, jangan pernah sepelekan tahap ini. Panitia Forum Indonesia Muda benar-benar serius dalam menyaring calon yang mereka cari. Syarat-syarat pendaftaran yang harus dipenuhi biasanya selalu ada di web ataupun portal resmi FIM lainnya.  

Kalau niat mendaftar sudah bulat, syarat pendaftaran sudah terpenuhi semua, persiapkan berkas administrasi selengkap mungkin. Scan berkas foto pribadi dan KTP karena seleksi administrasi ini sepenuhnya via online. Tidak ada surat menyurat yang bikin kamu ketar-ketir berkasmu mungkin nyangkut di kantor pos. Hahaha. Sering – sering aja temen – temen update CV jadi saat mengisi form pendaftaran tidak perlu mengais-ngais ingatan lagi, cukup mengintip CV saja. 

Form pendaftaran ini lumayan panjang dan menguras tenaga, selain harus melengkapi data-data, kita juga diminta menjawab beberapa pertanyaan berbentuk essay. Jangan isi sekenanya, karena recruiter akan melihat keseriusan kalian mendaftar dari essay yang dikirimkan. Pertanyaannya seputar motivasi mendaftar, pengalaman organisasi, hambatan dan prestasi, dan kesiapan menjadi keluarga besar Forum Indonesia Muda ataupun pengalaman - pengalaman lain yang sekiranya ada hubungannya dengan leadership dan social activities. Jawab dengan jujur dan lugas karena jawaban essay ini akan 'dipertanggungjawabkan' jika kalian lolos ke tahap selanjutnya. 

Jika tidak bisa menyelesaikannya dalam satu waktu, cukup klik simpan dan kalian bisa update jawaban di lain kesempatan. Kalau tidak salah saya waktu itu menyelesaikannya lebih dari 3 hari. Lama ya? Haha :D 

Jika ada pertanyaan terkait seleksi FIM ini, bisa ditanyakan via twitter resmi @fimnews atau Twitter saya @risaumamink. FYI, pengalaman organisasi akan sangat berguna. Jadi kalau kalian punya segudang pengalaman oganisasi, itu bisa jadi nilai tambah. Ceritakan saja beberapa yang paling menonjol di form pendaftaran. 

Sudah selesai mendaftar di portal resmi FIM? Tinggal menunggu pengumumannya dan persiapkan hati untuk menerima segala hasil nantinya. Pesan dari salah satu pendiri FIM adalah “Jangan Menyerah Sampai ditolak 21 kali” (Om Elmir). Jika di kesempatan kali ini belum lolos, jangan berkecil hati. Masih ada seleksi angkatan selanjutnya yang masih bisa temen - temen ikuti. Jangan menyerah, ya?


Berbeda - beda tapi tetap satu jua.. Para peserta dan panitia di Wisma putri sedang berfoto bersama :)


Apa saja yang dilakukan di Camp Pelatihan nanti?

 “Oke… sekarang tiba saatnya sesi diskusi, untuk termin pertama hanya untuk 3 penanya, silahkan bagi yang ingin bertanya angkat tangan”

Wush…. Hampir semua tangan terangkat… tak hanya itu, ada yang berdiri dan disusul tingkah unik lainnya untuk mencuri perhatian moderator untuk menunjuknya. Itu sebagian kecil dari ke-luar biasa-an Forum Indonesia Muda. Ketika potensi dan jiwa muda dari berbagai penjuru negeri ini berkumpul. Aura positifnya akan bisa kita  rasakan tak peduli disudut manapun kita berada. Depan, belakang, tengah, sama saja. Semua antusias ini bukan sekedar tentang pemateri yang notabenenya memang hebat. Tapi lebih dari itu, ini tentang penyebaran virus positif yang menular begitu cepat antar peserta.

"Leadership and Life Skill Training" adalah kata yang menggambarkan apa yang dilakukan selama pelatihan nanti.  Masih teringat sekali salam "power wush" dan slogan Pemuda Indonesia? Aku Untuk Bangsaku  yang selalu diucapkan oleh moderator di depan yang senantiasa menyadarkan kita bahwasanya kita mempunyai peer besar untuk memperbaiki bangsa ini. Dimulai dari diri sendiri, dimulai dari yang terkecil dan dimulai dari sekarang. Tiap angkatan FIM selalu mempunyai tema yang berbeda dan menarik. FIM 15 dahulunya mempunyai tema besar  "Simfoni Karya Pahlawan Muda" yang memang sesuai sekali dengan tujuan kita mengikuti pelatihan ini. Bahwasanya warna almamater, asal daerah ataupun agama tidak menghalangi niat kita untuk mencetuskan ide - ide baru dan bersinergi melaksanakan pergerakan nyata nantinya.

Seperti sepatu yang kita pakai, tiap kaki memiliki ukurannya memaksakan tapal kecil untuk telapak besar besar akan menyakiti, memaksakan kasut besar untuk tapak mungil akan merepotkan. Kaki-kai yang nyaman dalam sepatunya akan berbaris rapi-rapi.
(Salim A Fillah,Dalam Dekapan Ukhuwah)


FIM Angkatan 15 saat malam Reuni 1 Dekade Forum Indonesia Muda 
SIAPA BILANG KAMI HANYA MENGKRITISI?
KAMI BERDISKUSI
KAMI BERAKSI
KAMI BERKOLABORASI
KAMI BERBAGI
DAN SELALU BERUSAHA MENJADI GENERASI PENUH SOLUSI




Nah, sudah ada gambaran kan bagaimana proses seleksi Forum Indonesia Muda? Sekarang waktunya buka laptop dan ketik forumindonesiamuda.org. Tunggu apa lagi? Ada ratusan anak-anak di penjuru negeri yang akan menjadi kunang – kunang bersamamu. Yang tak hanya merutuki kegelapan, namun mencoba ikut menerangi sekitar dengan cahaya dari dirinya

Semoga sukses ya!



5 comments:

  1. wah bagus kak, terimakasih atas sharing pengalaman dan strateginya,, ka boleh minta essay essay kk yang dulu di kirim untuk seleks FIM tidak? boleh di kirim ke rizkia.ardi@yahoo.co.id maaf sebelumnya biar lebih kegambar sebenarnya esay yang seperti apa yang diterima oleh fim itu kak,, itu juga kalo g keberatan ka,,

    o iiya sebelumnya perkenalkan saya ardi rizkia dari upi bandung yang memang sangat tertarik dengan social project dan karena itu saya ingin sekali belajar banyak dari kegiatan FIM ini,, :D

    ReplyDelete
  2. Ini sepertinya gerakan pemuda luar biasa; saya membuka peluang untuk para pemuda untuk mengelola usaha; klik : http://www.kayamara.com

    ReplyDelete
  3. What a data of un-ambiguity and preserveness of valuable know-how
    regarding unpredicted feelings.

    Here is my web site lasertest

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete

Terimakasih telah meninggalkan komentar :)