Sunday, February 8, 2015

Future Leader Summit [COMING SOON]


Saya alumni FLS 2013. Ada yang bisa dibantu? :D
Jika kamu pemuda-pemudi yang memiliki kriteria sebagai berikut:
Minat yang tinggi untuk memimpin hal yang sedang kamu geluti
Keinginan untuk membuat perubahan di sekitar kamu dari hal yang sederhana
Kemampuan beradaptasi di lingkungan baru serta mendapat teman-teman baru
Kemampuan bekerja sebagai individual player dan team player
Keaktifan dalam diskusi serta minat pada isu-isu terbaru
Sebuah komitmen untuk membuat proyek berkelanjutan di bidang yang kamu pilih

Jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu pada Future Leader Summit 2015.

Future Leader Summit (FLS) adalah konferensi nasional pemuda tahunan yang digagas oleh Nusantara Muda sejak tahun 2011. Acara ini ditujukan untuk mengintegrasikan pemuda-pemuda Indonesia untuk memaksimalkan kontribusi untuk bangsa Indonesia.


Future Leader Summit (FLS) merupakan perhelatan konferensi pemuda skala nasional yang digagas oleh Organisasi Pemuda Nusantara Muda. Untuk membawa perubahan, dibutuhkan wadah yang dapat menampung gagasan dan pemikiran, serta menjadi kendaraan dalam melakukan aksi, dan memberikan dampak bagi masyarakat. 
Melalui Future Leader Summit, diharapkan akan lahir generasi muda Indonesia yang capable dan berdampak bagi perubahan positif di masyarakat,sehingga kaum muda, tidak hanya menjadi objek dari pembangunan, tapi juga menjadi motor penggerak dari pembangunan itu sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu nilai penting yang dibawa dalam Future Leader Summit. Dimana kita berdiri sebagai bagian dari agen perubahan untuk bangsa Indonesia melalui kegiatan saling menginspirasi, berbagi pengalaman, saling berintegrasi dalam memaksimalkan kontribusi untuk Indonesia tercinta.

Agenda Future Leader Summit :
  • Roadshow Ajang Sosialisasi akan diadakannya FLS yang diselenggarakan di 8 Kota (Semarang, Jogja, Solo, Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Bogor) sekaligus ada pembicara (Local Hero) dari Kota masing-masing untuk menginspirasi Pemuda yang hadir
  • Puncak Future Leader Summit
13306896434_e1c54e78cf.jpg
  1. Discover Session, merupakan kegiatan pembuka di awal (soft opening) yang menjelaskan secara umum mengenai Future Leader Summit, serta kegiatan diskusi dengan tujuan untuk mengajak peserta menganalisis permasalah daerah asal mereka sesuai dengan fokus room masing-masing.
  2. Welcoming Session, merupakan malam pembuka acara FLS  dengan tema tertentu, peserta akan disajikan makanan dan kebudayaan khas Semarang, kegiatan ini bertujuan sebagai platform mengenal Semarang lebih dekat dari kekayaan makanan khas dan kebudayaan yang dimiliki.
  3. Room Inspiration, gerakan perubahan adalah sebuah gerakan mulia dan memberikan inspirasi di Semarang. Sudah banyak gerakan perubahan yang dilakukan oleh pemuda dan masyarakatnya, oleh karena itu peserta akan diperkenalkan dengan rumah inspirasi yang sudah melakukan gerakan perubahan di bidangnya masing masing.
  4. Room Summit, Future Leader Summit memberikan 6 isu kepemudaan yang mana setiap peserta bisa memilih room sesuai ketertarikannya masing-masing untuk berdiskusi bersama dua pembicara hebat yang sudah melakukan kontribusi berdasarkan passionnya masing-masing, 6 isu tersebut adalah : Lingkungan, Pendidikan, Hak Asasi Manusia, Seni Budaya, Wirausaha, dan Teknologi Informasi dan Media Sosial.
  5. Idea Project, untuk melakukan sebuah gerakan perubahan dimulai dari sebuah ide kreatif, setelah mengetahui permasalahan, lalu mendapatkan inspirasi, peserta dari setiap room diajak untuk membuat satu ide kreatif untuk memberikan kontribusi kepada bangsa sesuai bidangnya masing-masing dengan bimbingan pembicara-pembicara.
  6. Youth Night, merupakan malam berkumpulnya peserta dari seluruh room disuatu tempat untuk berkenalan, berbagi informasi dan ilmu sambil menikmati expo komunitas, bisnis, dan berbagai macam produk yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif anak muda. Di malam ini diharapkan seluruh peserta dapat melebur dengan peserta lainnya dan komunitas yang hadir untuk bertukar informasi dan membangun jaringan.
  7. Grand Summit, merupakan acara puncak dari Future Leader Summit  dengan menghadirkan pembicara hebat yang melakukan gerakan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungannya sesuai dengan isu-isu yang ada di FLS. Tujuan Grand Summit ini adalah untuk memberikan inspirasi dan dorongan semangat kepada seluruh peserta untuk bersama-sama berkontribusi kepada bangsa.13306687083_5fb2aecc95.jpg
Output:
Alumni FLS yang tergabung dalam anggota Nusantara Muda dapat memberikan kontribusi atas permasalahan bangsa dengan ide-ide kreatif hasil dari FLS bersama sesama pelaku perubahan dan pemuda lainnya sebagai wujud kontribusi kepada bangsa untuk lingkungan sekitar masing-masing.

Tips dan Trik ! 
  • Teknis : Hanya dibutuhkan CV ter-update teman - teman ketika mengisi form online pendaftaran, fotokopi KTP dan pas foto terbaru. 
  • Ingat! FLS mempunyai ciri event yang menggunakan "room session" sehingga diharapkan calon peserta sudah mengetahui passion ataupun kegiatan yang sekiranya menunjang teman - teman terpilih sebagai peserta di room tertentu.  Bebarapa  isu yang selama ini diangkat adalah Lingkungan, Pendidikan, Hak Asasi Manusia, Seni Budaya, Wirausaha, serta Teknologi Informasi dan Media Sosial. Dulu, saya memilih room "Busdev / Business Development" karena memang saya tertarik di bidang usaha dan bisnis. 
  • Yang terakhir berdasarkan pengalaman pribadi. Jangan membiasakan mengisi form online di hari terakhir penutupan pendaftaran karena di tahun 2013 official website FLS down di hari terakhir dan akhirnya ada link baru yang membuat saya sebagai calon peserta agak sedikit khawatir jika datanya tidak masuk dalam database panitia.
Untuk tahun 2015, Future Leader Summit akan diadakan sekitar bulan Juni atau Juli. Untuk informasi lebih lanjut teman - teman bisa melihatnya di :
Twitter : @FLSummit

Oiya, di bawah ini ada beberapa momen yang berhasil saya dokumentasikan saat FLS 2013. Selamat berjuang, ya ! :)






1 comment:

  1. future leader summit nya ada kontribusi ya kalau lulus ?

    ReplyDelete

Terimakasih telah meninggalkan komentar :)