Senin, 27 Mei 2013

PKM-GT Lolos Didanai DIKTI tahun 2013

RINGKASAN

Riza Umami Nur Khalimah, Thiara Mardi, Annisa Inayati MS. ” Pembentukan SAMARA (Sekolah Rakyat Mandiri Sejahtera)” Berbasis Enterpreneurship Sebagai Upaya Peningkatan Minat Pekerja Anak-Anak Jalanan Agar Kembali Bersekolah “.Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis.
Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah : (1). Mengidentifikasi konsep enterpreneurship. (2). Mengidentifikasi pengaruh ekonomi terhadap minat bersekolah pekerja anak-anak. (3). Menganalisa peran SAMARA (Sekolah Rakyat Mandiri Sejahtera) dalam meningkatkan minat bersekolah dan ekonomi pekerja anak-anak.

Pendidikan yang mereka dapatkan dari jalanan membawa mereka pada orientasi lebih asyik bekerja untuk mendapatkan uang dibandingkan bersusah payah belajar di sekolah yang tidak mendatangkan uang secara langsung. Hal tersebut akhirnya menjadi pengendur semangat mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan di sekolah formal. Sangat disayangkan jika tunas-tunas bangsa ini menjadi layu sebelum berkembang. Faktor pemicu kecenderungan yang menyebabkan pekerja anak-anak lebih memilih bekerja adalah karena faktor ekonomi keluarga.
Oleh karena itu, SAMARA (Sekolah Rakyat Mandiri Sejahtera) yang berbasis enterpreuner bisa menjadi salah satu solusi agar mereka tetap bisa mengais rezeki tanpa harus meninggalkan pendidikan formal. Dan mahasiswa sebagai agent of change diharapkan bisa bertindak sebagai pengelola, tentor, motivator serta memberikan pembinaan. Selain dampak positif yang didapatkan oleh pekerja anak-anak, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan dalam mengasah keilmuan, kreatifitas serta usaha bersama yang dilakukan bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi bisnis yang produktif.

Kesimpulannya, taraf perekonomian keluarga yang rendah dapat berakibat pada ikut sertanya anak dalam mencari nafkah sehingga anak putus sekolah dan lebih konsen pada pekerjaan yang digelutinya. Konsep pendidikan enterpreneurship dalam SAMARA dapat dijadikan solusi dalam menunjang perekonomian pekerja anak-anak sehingga mau melanjutkan sekolah. SAMARA merupakan program pembinaan pekerja anak-anak agar mau melanjutkan sekolah tanpa harus kehilangan lahan pekerjaan.
Rekomendasi dari penulisan karya tulis ini adalah SAMARA dapat diujicobakan di lingkungan yang perlu mendapat perhatian khusus (kumuh) sekitar kampus. Dan yang tidak kalah penting, perlu adanya dukungan dari pemerintah, perguruan tinggi maupun lembaga yang peduli dengan nasib pekerja anak-anak dalam mewujudkan SAMARA yang produktif dan berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan komentar :)